Senin, 17 Januari 2011

Proses Budidaya Terumbu Karang


Pasti tau donk daerah Raja Ampat dan Bunaken daerah yang terkenal memiliki terumbu karang terbaik di dunia. Salah satu daerah yang menjadi salah satu tujuan wisata asing yang dilestarikan, tapi ada aja orang2 yang gak bertanggung jawab merusak ekosistem terumbu karang disana, lalu gimana cara nanggulanginnya. Untuk waktu jangka panjang ada yang dinamakan Teknologi Transplantasi terumbu karang, jadi artinya batu karang ditanem atau dicangkok melalui media2 yang digunakan. Transplantasi merupakan suatu cara efektif untuk menumbuhkan terumbu karang, meski butuh waktu yang lama tetapi cara ini merupakan salah satu upaya konservasi yang perlu dilakukan dan disosialisasikan.


Media untuk transplantasi terumbu karang biasanya berpipa dan berlubang/kerucut, pemilihan media ini agar ikan-ikan masih dapat berenang bebas disekitar media tersebut, pipa yang dipasang berfungsi untuk mengikat karang kecil

contoh media:
media:

media:

media:

media:

media:

media:

media:

media:

media:


Untuk kali ini metodenya menggunakan media semen atau cor yang dicetak sedemikian rupa. Pertama disiapkan media penanaman terumbu karang yang berupa cor-coran sedimen berbentuk kerucut. Media tersebut dapat dicetak di pantai dan di bagian tengah di pasang pipa PVC atau botol bekas.

media:

Fungsi pipa yang di pasang di bagian tengah tersebut adalah sebagai tempat untuk mengikat terumbu karang anakan yang akan ditumbuhkan. Bentuk kerucut berfungsi agar media dapat bertahan dari arus laut yang sangat kuat sehingga dapat tetap berdiri dan tidak mengganggu terumbu yang ditumbuhkan di media tersebut. Adapun fungsi lainnya adalah agar ketika penyusunan media menjadi blok-blok transplantasi terdapat ruang gerak bagi ikan-ikan. Sehingga ikan dapat memiliki tempat hidup, meskipun terumbu karang belum tumbuh.
media:

(Media transplantasi yang telah diatur menjadi suatu blok-blok transplantasi)


Langkah selanjutnya adalah pengikatan terumbu karang anakan di media transplantasi. Misalnya pada gambar di bawah dapat dilihat proses pengikatan salah satu jenis terumbu karang yaitu Acropora sedang diikat di media transplantasi. Pengikatan dilakukan dengan menempelkaan terumbu karang di bagian pipa atau kaleng bekas dengan mengikat menggunakan kabel tip berwarna putih.

prosesnya gan:

(Proses pengikatan terumbu karang anakan pada medium transplantasi)


proses:

(Pengecekan ikatan terumbu karang anakan transplantasi)


proses:

(nih gan cara ngiketnya gini nih)
Setelah semua media transplantasi telah diikat dengan terumbu karang yang ingin ditumbuhkan, maka media transplantasi tersebut dibiarkan dalam perairan laut selama lebih kurang 3-6 bulan agar terumbu karang anakan tersebut dapat tumbuh. Setelah beberapa bulan, terumbu karang yang ditransplantasi akan tumbuh dan ikan-ikan serta hewan laut lain dapat menjadikan daerah sekitar media transplantasi sebagai habitatnya yang baru, seperti terlihat pada gambar berikut ini.
udah mulai numbuh gan:

(Terumbu karang transplantasi mulai tumbuh)


udah ada penghuni barunya gan:

(Jenis ikan yang bermain di daerah terumbu karang hasil transplantasi)


Jika terumbu karang sudah tumbuh dengan baik dan mulai dewasa, ikan-ikan laut yang termasuk kategori ikan hias akan semakin banyak muncul dan terlihat sangat senang bermain di daerah terumbu karang hasil transplantasi tersebut. Jika terumbu karang sudah sangat dewasa dan tumbuh serta berkembang dengan sangat baik, maka ikan-ikan akan semakin banyak muncul dan jenis ikan yang muncul akan semakin beraneka ragam.
udah jadi gan:

(Ikan-ikan menjadikan daerah terumbu karang hasil transplantasi sebagai habitat baru)
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transplantasi karang

Jangan salah lho gan batu karang bisa kena stress juga karena dia termasuk hewan. Untuk mengurangi stress, karang yang akan ditransplantasi dilepaskan secara hati-hati dan ditempatkan dalam wadah plastik berlubang serta proses pengangkutan dilakukan di dalamair. Sebaiknya operasi ini hanya menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit setiap tumpukan karang yang akan dipindahkan. Beberapa teknik untukmelekatkan karang yang ditransplantasi adalah semen, lem plastik, penjepit baja, dan kabel listrik plastik.

0 komentar:

Posting Komentar